pengkajian bayi baru lahir

Senin, 10 Januari 2011

Konsep Pengkajian Pada Bayi Baru Lahir
Bayi baru lahir memerlukan observasi cermat dan terampil untuk memastikan apakah telah tercapai penyesuaian yang memuaskan terhadap kehidupan ekstrauterin. Pengkajian fisik setelah kelahiran dapat dibagi menjadi :
a. Pengkajian awal menggunakan sistem skoring APGAR.
b. Pengkajian usia gestasional.
c. Pemeriksaan fisik sistematis.
Pengkajian Awal : Skoring APGAR
Metode yang paling sering digunakan untuk mengkaji penyesuaian segera bayi baru lahir terfadap kehidupan bayi ekstrauterin adalah sistem skoring APGAR. skor ini didasarkan pada observasi denyut jantung, usaha bernapas, tonus otot, refleks iritabilitas, dan warna yang diobservasi pada menit 1 dan 5 setelah kelahiran dan diulang setelah kondisi bayi stabil.
Tabel Skoring APGAR
Tanda 0 1 2
Denyut Jantung Tidak ada Lambat, > 100 < 100
Usaha Bernapas Tidak ada Tidak teratur , lambat, menangis lemah Baik, menangis kuat
Tonus Otot Lumpuh Sedikit fleksi ekstremitas Fleksi baik
Refleks Iritabilitas Tidak ada respon Menyeringai Menangis, bersin
Warna Biru, pucat Tubuh merah jambu, ekstremitas biru Seluruhnya merah jambu

Skor Total APGAR
a. Skor 0-3 menunjukan distres berat.
b. Skor 4-6 menunjukan kesulitan sedang.
c. Skor 7-10 menunjukan bahwa tidak ada kesulitan dalam penyesuaian terhadap kehidupan ekstrauterin.



Pengkajian Usia Gestasional
Metode yang sering digunakan untuk menentukan usia gestasional adalah pengkajian usia gestasional yang disederhanakan oleh Ballard, Novack dan Driver (1979).
Skala Dubowitz dapat digunakan untuk mengukur usia gestasional bayi antara 35 dan 42 minggu. Skala ini mengkaji 6 tanda fisik eksternal dan 6 tanda neuromuscular. Setiap tanda memiliki skor, dan penjumlahan skor nya berkorelasi dengna tingkat maturitas dari 26-44 minggu gestasi.
Skala Ballard merupakan revisi skala asli, dapat digunakan pada bayi 20 minggu. Alat ini memiliki bagian fisik dan neuromuscular yang sama, namun menambahkan skor -1 dan -2 yang mencerminkan bayi sangat premature, seperti kelopak mata yang masih menyatu; jaringan payudara yang belum teraba; kulit yang lengket, mudah robek, transparan; tidak ada lanugo; sudut siku – jendela (fleksi pergelangan tangan) lebih dari 90 derajat. Pemeriksaan bayi dengan usia gestasional 26 minggu atau kurang harus dilakukan kurang dari 12 jam setelah lahir, sedangkan pada bayi dengan usia gestasional minimal 26 minggu, pemerikasaan dapat dilakukan sampai 96 jam setelah lahir.
Berat Badan Sehubungan dengan Usia Gestasional
a. Bayi yang beratnya cukup untuk usia gestasional (appropriate for gestational age [AGA]) ( antara persentil ke 10 sampai ke 90) dapat dianggap mengalami pertumbuhan dengan kecepatan normal tanpa memerhatikan saat kelahiran- preterm, term, post-term.
b. Bayi yang besar untuk usia gestasional ( large for gestational age [LGA]) ( diatas persentil ke 90) dapat dianggap mengalami laju pertumbuhan dengan kecepatan tinggi selama kehidupan janin.
c. Bayi yang kecil untuk usia gestasional ( small for gestational age [SGA]) ( dibawah persentil ke 10) dapat dianggap mengalami retardasi atau kelambatan pertumbuhan intrauterine.




Konsep Pengkajian Pada Anak
Pengkajian pada anak berbeda dengan pengkajian pada dewasa, karena pengkajian anamnesis pada anak lebih dititik beratkan pada orang tua.
Pengkajian Riwayat Kesehatan
Format yang digunakan untuk pengkajian riwayat kesehatan dapat :
a. Langsung, perawat menanyakan informasi melalui wawancara langsung dengan informan;
b. Tidak langsung, informan memberi informasi dengan nebgisi beberapa jenis kuesioner.
Mengidentifikasi Informasi
Suatu elemen penting dalam mengidentifikasi informasi adalah informan, individu (beberapa orang) yang menyediakan informasi. Catat:
a. Siapa orang tersebut (orang tua, anak, atau yang lainnya).
b. Kesan reliabilitas dan kesediaan untuk berkomunikasi.
c. Adanya kondisi khusus seperti penggunaan seorang penerjemah atau jawaban yang bertentangan oleh lebih dari satu orang.
Keluhan Utama
Keluhan Utama merupakan alasan spesifik untuk kunjungan anak ke klinik, kantor, atau rumah sakit. Keluhan tersebut dapat dipandang sebagai topik dari penyakit saat ini sebagai deskripsi masalah tersebut.
Riwayat Penyakit Sekarang
Riwayat penyakit sekarang merupakan narasi keluhan utama dari awitan paling awal sampai perkembangannya saat ini. Terdapat 4 komponen utama yaitu :
a. Rincian awitan
b. Riwayat interval yang lengkap
c. Status saat ini
d. Alasan untuk mencari bantuan saat ini

Riwayat Kesehatan Dahulu
Riwayat kesehatan dahulu berisi informasi yang berhubungan dengan semua aspek status kesehatan anak yang telah ada sebelumnya pada beberapa area yang umumnya dihilangkan dalam pengkajian riwayat orng dewasa, meliputi :
a. Riwayat kelahiran.
b. Penyakit, cedera, atau operasi sebelumnya.
c. Alergi.
d. Pengobatan terbaru.
e. Imunisasi.
f. Pertumbuhan dan perkembangan.
g. Kebiasaan.
a. Riwayat Kelahiran
Riwayat kelahiran meliputi semua data yang berhubungan dengan :
1. Kesehatan ibu selama kehamilan.
2. Proses persalinan dan pelahiran.
3. Kondisi bayi segera setelah lahir.
Karena pengaruh prenatal memiliki efek signifikan pada perkembangan fisik dan emosional anak, pengkajian saksama dan menyeluruh terhadap riwayat kelahiran merupaka hal penting. Karena factor emosional juga mempengaruhi hasil akhir kehamilan dan hubungan orang tua-anak lebih lanjut, selidiki :
a. Krisis yang terjadi bersamaan selama masa kehamilan.
b. Sikap terhadap fetus selama prenatal.
b. Penyakit, Cedera, atau Operasi Sebelumnya
Ketika menanyakan tentang penyakit sebelumnya, mulai dengan pernyataan yang lebih umum seperti “Apa penyakit lain yang diderita anak Anda?”, karena orang tua lebih cenderung mengingat masalah kesehatan yang serius. Tanyakan secara spesifik tentang demam, sakit telinga, dan penyakit kanak-kanak lainnya. Selain penyakit, tanyakan juga tentang cedera yang memerlukan intervensi medis, pembedahan, dan alasan lain untuk hospitalisasi.
c. Alergi
Tanyakan tentang gangguan alergi yang diketahui secara umum seperti hay fever (demam karena serbuk tumbuhan) dan asma, juga reaksi yang tidak biasa terhadap obat-obatan dan makanan. Dokumentasi tentang alergi obat harus meliputi informasi yang terdapat dalam Pedoman Cantrill dan Cotrell (1997).
Mengkaji Riwayat Alergi
“Apakah anak Anda pernah menggunakan obat-obatan atau tablet yang tidak sesuai atau menyebabkan alergi? Jika ya, dapatkah Anda mengingat nama obat tersebut?
Dapatkah Anda menggambarkan reksinya?
d. Pengobatan Terbaru
Telusuri obat-obatan yang dikonsumsi saat ini, termasuk vitamin, antipiretik, antibiotik, dan obat-obatan lainnya, catat semua pengobatan, termasuk nama, dosis, jadwal, durasi, dan alasan pemberian. Sering kali orang tua tidak menyadari nama obat yang sebenarnya. Jika mungkin, minta orang tua untuk membawa tempat obat pada kunjungan berikutnya.
e. Imunisasi
Catatan tentang semua imunisasi sangat penting. Karena banyak orang tua tidak menyadari nama dan pasti dari setiap imunisasi, sumber informasi yang paling dapat diandalkan adalah catatan rumah sakit, klinik, atau praktik swasta. Semua imunisasi ditulis meliputi :
1. Nama penyakit spesifik.
2. Jumlah suntikan.
3. Dosis.
4. Usia ketika diberikan.
5. Reaksi setelah imunisasi.
f. Pertumbuhan dan Perkembangan
Pola pertumbuhan sebelumnya yang paling penting untuk dicatat adalah :
1. Perkiraan berat badan pada usia 6 bulan, 1 tahun, 2 tahun, dan 5 tahun.
2. Perkiraan tinggi badan pada usia 1 dan 4 tahun.
3. Pertumbuhan gigi.
Perkembangan yang penting meliputi :
1. Usia menahan kepala secara stabil.
2. Usia duduk sendiri tanpa bantuan.
3. Usia berjalan tanpa bantuan.
4. Usia mengatakan kata-kata pertama yang bermakna.
5. Kelas di sekolah saat ini.
6. Peringkat di kelas.
7. Interaksi dengan anak lain, teman sebaya, dan orang dewasa.
g. Kebiasaan
Kebiasaan merupakan area penting untuk dieksplorasi. Kebiasaan yang perlu digali meliputi :
1. Pola perilaku, seperti menggigit kuku, mengisap jempol.
2. Aktivitas kehidupan sehari-hari, seperti jam tidur dan bangun, lamanya tidur malam dan tidur siang.
3. Sifat yang tidak biasa, juga respons terhdap frustasi.
Tinjauan Sistem
Tinjauan sistem adalah tinjauan setiap sistem tubuh secara spesifik untuk memperoleh informasi yang menyangkut adanya kemungkinan masalah kesehatan, meliputi :
Umum Dada
Integumen Respirasi
Kepala Kardiovaskular
Mata Gastrointestinal
Telinga Genitourinaria
Hidung Ginekologik
Mulut Muskuloskeletal
Tenggorokan Neurologik
Leher Endokrin
Riwayat Pengobatan Keluarga
Riwayat pengobatan keluarga digunakan untuk mengidentifikasi adanya faktor genetik atau penyakit yang memiliki kecenderungan terjadi dalam keluarga da untukmenkaji pajanan terhadap penyakit menular pada anggota keluarga dan kebiasaan keluarga yang dapat memengaruhi kesehatan anak.
Riwayat Psikososial
Riwayat psikososial digunakan untuk memperoleh informasi tentang konsep diri anak.
Riwayat Seksual
Riwayat seksual digunakan untuk memperoleh informasi yang menyangkut masalah seksual anak dan aktivitas seksual serta adanya data-data yang relevan tentang aktivitas seksual orang dewasa yang dapat memengaruhi anak tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

nurse yassy

web counter